Jumat, 17 Februari 2012

Beternak burung merpati balap

Beternak burung merpati balap

Beternak Burung merpati balap merupakan kegiatan perkembangbiakan unggas yang biasanya diternak oleh masyarakat setempat.untuk perkembangan burung merpati balap ini dengan cara bertelur. Proses pembuahan antara sperma dan sel telur terjadi didalam tubuh burung merpati balap dengan cara melakukan kawin. Pada umumnya burung merpati balap mulai bertelur pada umur 3-6 bulan, ini tergantung pada keadaan lingkungan setempat ( iklim ). Burung merpati balap dalam perkawinanya dan berjodoh tetap apabila ada musimnya tertentu yaitu pada keadaan lingkungan ( cuaca cerah ) dan makan cukup. Sukses beternak Burung merpati balap termasuk dalam jenis golongan sukses beternak unggas. Burung merpati balap semgaja di ternak untuk di balapkan dengan burung merpati balap milik orang lain, termasuk dalam kelas aves ( bangsa burung ), dan spesies Colombia livia. Dalam spesies colombi livia,ada beberapa ragam yaitu terdiri dari, beragam jenis, bentuk, ukuran, warna bulu, dan produktivitas.
 Burung merpati balap yang biasanya bentuk ada warna bulu, bentuk, dan pada kepala, kaki, tubuh, paruh, ini biasanya menentukan bagaimana banyaknya ragam bentuk jenis burung merpati balap yang sukses beternak. Dalm menetukan keragaman jenis berung merpati balap dari segi terbangnya brung merpati balap yang menukik tajam dan mendarat dengan mulus sempurna biasanya dilihat konsumen meliputi kecepatan terbang dan jarak tempuh terbang burung merpati. Didalam pemasaran burung merpati balap di pemasaran-pemasaran banyak konsumen yang mencari burung merpati namun yang bisa di cari konsumen pada hakekatnya, burung merpati balap ini sebagai mencari uang dengan membalapkan burung yang dia punya.

A.   Kebanyakan orang yang sukses beternak burung merpati biasanya perkembangan burung merpati di perhatikan yaitu sebagai berikut :
 Kebiasaan hidup burung merpati balap
 Perkembangbiakan burung merpati balap
 Pemberian pakan dan minum yang cukup
 Kebersihan kandang terjaga
 Pengadaan induk ( merpati balap induk )
 Pengelolaan reproduksi ( perkawinan )
 Peralatan atau perlengkapan budidaya
 Jenis-jenis pakan yang pas bagi burung merpati balap

1.    B.        Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan peternak, apa bila peternak tersebut pada ujungnya akan sukses beternak dan berhasil. Antaralain :
1.           selalu menjaga kebersihan kandang
Hal ini yang harus diperhatikan pada saat sukses beternak burung merpati balap karena kalau kebersihan terjaga maka hasil peternakan akan berbuah hasil yang baik dan laku di pasaran internasional. Tetapi ternak apa saja harus memperhatikan kebersihan sarang atau kandang. Salah satu beternak merpati balap adalah kebersihan. Kebersihan sarang, pakan, wadah pakan tempat minum dll semua harus di bersihkan setiap hari.
2. Pakan yang sesuai dan cukup
Burung merpati balap yang biasanya orang memberi makan burung merpati balap yaitu dengan member makan suplemen karena makanan ini cocok dan bagus. Suplemen biasanya berfungsi sebagai penunjang stamina dan fitalitas burung.dan jangan lupa perhatikan pula kadar zat yang terkandung dalam suplemen tersebut. Ada suplemen yang khusus untuk merangsang suara, meningkatkan produktifitas telur, manjaga burung agar tidak setress dll. Dan ada banyak suplemen banyak fungsinya.sukses beternak
2.    Ukuran Kandang tidak boleh terlalu sempit



Buat ukuran kandang yang sesuai dengan ukuran burung merpati. Apabila semakin besar burung kenari maka semakin membutuhkan kandang yang luas maka akan bagus perkembangbiaknya bueung kenari. Ada juga kandang burung kenari untuk betina buat yang sedang. Tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil maka hasilnya akan memuaskan.
4. Kenyamanan burung
Ciptakan kenyamanan untuk kandang merpati. Misalnya apa bila musim panas burung kenari tidak boleh lama terkena panas matahari karena akan merusak bagian bulu dan apabila pada saat musim hujan atau dingin maka burung harus di tutuoi karena akan menyebabkan burung tersebut akan fatal akibatnya.keadaan harus tidak terlalu ribut (baik suara maupun aktivitas bergerak lainnya,bersih dan aman dari gangguan hewan berbahaya lain seperti tikus, tokek, anjing, kucing, dll.

Jadi dalam melakukan perkembanng biakan burung merpati balap harus berhati-hati kalau burung ini terbangya sangat luarbiasa dan cepat maka harga pasaran sangat tinggi dari burung-burung lainya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar